buken at TMII

buken at TMII
atuuunnn, femmy, aniiita, gw, adistaaa

Laman

Minggu, 13 Desember 2009

makalah UKS

BAB I PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Kesehatan adalah hal pokok yang harus dimiliki dan diusahakan oleh setiap individu. Kesehatan juga merupakan kebutuhan pokok. Setiap orang memerlukan kondisi sehat agar dapat menjalankan aktifitasnya. Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia dapat dikerjakan dengan baik dan dapat membuahkan hasil jika kondisi fisik prima. Ada sedikit permasalahan kesehatan pada tubuh kita, niscaya akan mengganggu pada proses penunaian tugas dan hasil yang dicapai.
Namun untuk mewujudkan kondisi fisik sehat dan prima tidaklah mudah. Perlu terus-menerus dilakukan usaha-usaha untuk melatih diri berperilaku hidup sehat. Dan pelatihan hidup sehat tersebut seyogyanya dilakukan sejak dini. Perlu pula diberikan contoh-contoh nyata oleh orangtua agar setiap individu anak dapat dengan lebih mudah meniru dan mempraktekan pola hidup sehat. Sehingga di kemudian hari, pola hidup sehat akan menjadi sebuah kebiasaan dan “karakter” bagi anak.
Demikian juga dilingkungan sekolah. Usaha-usaha untuk menciptakan kondisi fisik sehat perlu senantiasa dilakukan secara terus-menerus. Usaha-usaha kesehatan ini perlu dilakukan oleh seluruh komponen persekolahan; komite, kepala sekolah, dewan guru, siswa, karyawan, dan masyarakat sekitar sekolah. Perlu niat dan usaha yang sungguh-sungguh untuk melakukan itu, bahkan agar lebih berhasilguna usaha-usaha kesehatan di sekolah perlu dijadikan program tersendiri dengan pengelolaan yang baik, serius dan terprogram. Kepala sekolah, guru, dan siswa perlu dilibatkan secara sistematis. Secara sistematis artinya ada semacam kegiatan usaha kesehatan di sekolah yang terencana, berkelanjutan, dan mendapat support dana yang cukup. Dengan kondisi yang demikian, niscaya usaha-usaha di bidang kesehatan di sekolah akan berhasil. Baik sebagai program pendidikan maupun sebagai “pembentukan karakter sehat” bagi seluruh komponen persekolahan, terutama bagi siswa.
1.2. Perumusan Masalah

Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diteliti adalah berhubungan dengan proses pemahaman siswa tentang seberapa jauh UKS SMAN 39 jakarta berfungsi dalam membantu terlaksananya kegiatan belajar mengajar ? Masalah tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Sejauh manakah faktor lingkungan mempengaruhi aktifitas di UKS?
2. Pada kondisi seperti apakah UKS mencapai jumlah pasien tertinggi ?
3. Bagaimanakah peranan pentingnya UKS ketika banyak siswa atau siswi mengalami gangguan kesehatan ?

1.3. Tujuan penelitian

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kesehatan komponen persekolahan di SMAN 39. Secara khusus penelitian ini ditujukan untuk :
1. Memperoleh data pengunjung UKS
2. Mengetahui seberapa besar faktor lingkungan mempengaruhi jumlah pasien
3. Mengetahui peranan UKS dalam menunjang kegiatan belajar mengajar

1.4. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi komponen persekolahan SMA N 39 Jakarta, khususnya yang telah mamanfaatkan fasilitas UKS. Selain itu, penelitian ini dimaksudkan agar mewujudkan kesadaran siswa untuk meningkatkan kesehatan tubuh siswa.



1.5. Penentuan Sumber Data

Sumber data yang diperlukan dalam suatu penelitian untuk membuat karya ilmiah, dimulai dari menentukan lokasi penelitian terlebih dahulu sebagai tolak ukur yang akan dijadikan bahan pembicaraan. Lokasi penelitian ditujukan agar penulis mudah untuk melakukan observasi sebagai metode penelitian. Oleh karena itu, penulis menentukan UKS SMA N 39 Jakarta sebagai lokasi penelitian. Sample yang dipilih adalah komponen persekolahan yang menggunakan UKS sebagai fasilitas penunjang kesehatan.
Berdasarkan hasil penelitian di UKS didapatkan data sebagai berikut :

1. Tabel pengunjung UKS
tabel pengunjung tahun 2006


Tabel pengunjung tahun 2007

2. Dari data yang diperoleh pengunjung UKS pada musim hujan lebih banyak dibandingkan musim kemarau, karena cuaca yang buruk lebih mudah membuat tubuh rentan terhadap penyakit

3. Data persediaan obat-obatan di UKS

Obat merah
Betadine
Alkohol
Kapas
Handsaplast
Obat sakit kepala
Obat asma
Obat maag
Obat lambung
Primadex Forte
Parasetamol
Papavarin
Dioaepam
Antalkin
Ctm
Thiamine
Biaform
Captopsil
Prednison
Mafenamal
Homoclomin


4. Fasilitas yang tersedia di UKS

Alat tensi darah
Penimbang berat badan
Pengukur tinggi badan
Obat-obatan
Stetoskop
Tempat tidur
Kursi dan meja
Lemari
Kipas angin
Dispenser+air mineral
Sharing dengan dokter
Resep dokter



5. Pembagian waktu jaga di UKS telah disesuaikan menurut jadwal yang telah diatur oleh anggota PMR,, dan dokter yang bertugas yaitu dr. Pradnya Paramitha yang berjaga setiap hari kamis.

6. Jumlah anggota PMR yang bertugas menjaga UKS setiap harinya minimal 2 anggota PMR yang berjaga.

7. Sumber dana UKS berasal dari anggaran sekolah, perbulannya kurang lebih Rp 250.000,00.

BAB 3 PENUTUP
Beradasarkan data yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, fasilitas di UKS sudah baik, pelayanannya juga sudah bagus hanya saja ketika ada pasien, tidak ada petugas UKS yang menjaga. Dan terkadang dokter tidak menjelaskan dosis pemakaian obat. Banyaknya jumlah pengunjung juga dipengaruhi oleh cuaca, bila cuaca buruk jumlah pengunjung UKS meningkat.
Demikian kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini, semoga karya ilmiah yang dibuat oleh penulis dapat bermanfaat bagi siswa SMA N 39, dengan bertambahnya informasi akan UKS membuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar